Senin, 03 Januari 2011

Cara buat inkubator Terlur Reptile

Senin, 03 Januari 2011

karena banyak desakan sana sini...
dan d teror terus meneror..maka aku buat lah tutorial ini ala kadarnya..sory kalo burem yak..

kalo kita liat di website luar banyak kan tuh ya yang ngejual incubator yang tentunya harga bisa bikin batal niat ngebreeding..nah karena atas dasar itulah pengalaman 4 tahun lebih(karena nggk tiap bulan reptil itu nelur..wkakwkakw) coba-coba buat incubator sendiri.tahun pertama nyoba gagal dengan telur busuk,tahun kedua dengan cara yang sama dan media yang berbeda tetep gagal,nah tahun ketiga mulai ada titik terang setelah berguru dan banyak tanya..akhirnya dapet juga cara yang mujarab dan persentasi menetas sampai 99% dengan 1% gagal......ok tanpa banyak basa basi aku lanjutin ke tutorialnya aja ya...


bahan bahan yang dibutuhkan
1. kontainer/styrofoam box
2. heater ikan
3. thermometer
4. baki ceper
5. sebagai media tinggal pilih (cocopeat,vermiculite atau sekam padi)
6. hygrometer (kalo ada lebih duit boleh beli,tp sayang harganya mahal tp kemarin cek di FJB ada juga yang murah sekitar 40an rb..
7. penyangga baki ceper (boleh batu atau mangkok terserah)
8. kabur pengusir semut dan kecoak
9. Lakban
10. senter led
11. spidol



berikut ini cara membuat incubator DIY:
  1. 1. siapkan kontaier/styrofoam box dan selanjutnya di sterilkan,khusus untuk kontainer boleh memakai alkohol atau dengan air panas yang di guyurkan ke kontainer dan untuk styrofoam box cukup dengan di spray dengan alkohol dan di keringkan dengan kain. gunanya untuk mencegah bakteri atau cendawan jamur yang nantinya mengakibatkan telur berjamur atau gagal menetas alias busuk.
  1. 2 siapkan media untuk menempatkan telur tadi yakni cocoepat/vermiculite/sekam padi. media tersebut harus di sterilkan dengan cara di kukus atau di rebus sampai 2x.yang pertama di rebus hingga airnya tinggal sedikit lalu di angin - anginkan di bawah terik matahari selanjutnya d rebus kembali hingga airnya hanya tersisa pada medianya saja,didiamkan sebentar agar suhunya turun lalu ambil baki ceper, oleskan rata pada baki ceper tersebut media penempatan telur.
  2. 3 selanjutnya isi kontainer dengan air kira kira setinggi seperempat dari tinggi kontainer, masukan heater ikan dan penyangga baki ceper tadi (untuk penyangga baki ceper disesuaikan dengan tinggi airnya) putar temperatur ke 29 atau 30 drajat pada atas heater ikan, atur posisi heater di tengah - tengah dari penyangga baki ceper tersebut. Selanjutnya lakban kabel heater di bibir kontainer agar terlihat lebih dari dan tidak membuat kebocoran kelembapan dari incubator.
  3. 4 masukan baki ceper ke dalam incubator dan letakan thermometer di samping baki ceper nya (berikut hygrometer bila ada).

  4. 5 tata telur di media penetasan sampai setengah badan telurnya sampai memenuhi baki ceper dan beri jarak setengah sampai 1 cm tiap tiap telurnya. (catatan: pastikan suhu media penetesan tersebut sudah mulai dingin,jangan pada saat panas di masukan bisa mateng tuh telur)

  5. 6 spray/semprotkan air merata di atas telur dan medianya agar kelembapan stabil.
  6. 7 tutup serapat mungkin kontainer DIY nya.... , tandai saat pertama kali ular bertelur, penting untuk menghitung tanggal kelahiran si jabang bayi..ehehehe .......untuk kapur penghilang semut atau kecoa bisa di taburin di sekitar incubator, karena dari pengalamanku semut tuh menaruh telurnya pada tempat yang lembab jadi mesti sering - sering di periksa telurnya.
  7. 8 tandai pada kotak kontainer dengan spidol permanen tanggal pertama kali si emaknya nelur dan tandai kapan dia lahir (ntar aku share berapa lama incubasi jenis - jenis reptil). untuk perawatan tiap seminggu sekali d cek suhunya dan semprotkan air agar kelembapanya terjaga. sebagai parameter apakah embrio telurnya berkembang apa nggak dapat dilihat telurnya mengempis atau tetep seperti saat pertama kali di telurkan masi bulat. dan sebulan pertama bisa di senter apakah ada isinya apa tidak.(bisa dilihat sebagai contoh di gambar)


Selamat kamu telah membuat incubator DIY
nah selamat mencoba..!! ok.!

sumber :@tokebakso member kaskus



Related Posts











5 comments:

nurman mengatakan...

sayang sekali gambarnya tdk bs nongol padahal lagi serius pemahami tutorialnya, rencana ingin buat sendiri inkubator untuk menetaskan telur ular..

ternak ayam kampung mengatakan...

iya nih kok gak keluar, apakah kalau telur ayam bisa juga dengan trik ini ya?

wendi mengatakan...

unik ei,, jarang yang bahas ini..

andrian mengatakan...

nice post bro

teknik cepat hamil secara alami mengatakan...

great post mas, saya lagi nyari referensi tentang inkubator ini. makasih

Poskan Komentar