Sabtu, 17 April 2010

bagaimana cara menginstall wordpress 2.3.x pada 000webhost ?

Sabtu, 17 April 2010
bagaimana cara menginstall wordpress 2.3.x pada 000webhost ?

Cara menginstall wordpress bisa dibilang susah-susah gampang. Sebelumnya download terlebih dahulu versi favorite wordpress anda, misalkan versi yang terbaru 2.3.3. Kemudian untuk menguploadnya, ada beberapa tool yang bisa digunakan:
# Menggunakan program FTP untuk mengupload file-file wordpress. Sebagai catatan jumlah file-file wordpress mencapai 400 lebih. Dan ini membutuhkan waktu untuk memindah semuanya. Dan repotnya ada beberapa program FTP yang kurang stabil untuk mengupload banyak file. Jika menggunakan FTP, caranya :


* Pilih FTP favorit anda, yang anda rasa tangguh untuk misi berbahaya ini
* Login dengan menggunakan Cpanel account anda. Host FTP nya adalah nama situs anda di 000webhost.com
* Kemudian upload file wordpress tadi, bisa satu persatu (ingat 400 file lho), bisa satu folder langsung. Ada baik dan buruknya, jika satu persatu anda bisa memastikan bahwa semua file terupload, jika per folder, mungkin saja ada beberapa file gagal diupload. Ingat, tidak semua FTP stabil, kecuali di luar negri yang koneksinya stabil.
* Jika semua file sudah terupload, buka situs anda untuk menginstall, langkahnya mudah dan simple, ikuti langkah-langkah tersebut.
* Selamat, wordpress anda sudah terinstall sempurna.

# Menggunakan file manager yang dimiliki oleh Cpanel. Caranya :

* Masuk ke dalam Cpanel anda
* Cari menu File Manager
* Dalam file manager tersebut, gunakan fasilitas upload yang disediakan.
* Upload wordpress dalam single file (format .zip)
* Tunggu sampai wordpress berhasil diupload. Biasanya hanya 2 menit saja
* Kemudian extract wordpress.zip dengan menggunakan fasilitas extract di pojok kanan
* Setelah di extract, anda akan mendapatkan directory wordpress yang berisi semua file-file wordpress. Pindahkan file-file tersebut ke directory public_html.
* Jangan terburu-buru untuk menginstallnya, karena ada pekerjaan besar yang harus anda kerjakan. Untuk bisa menginstall wordpress pada 000webhost.com, anda harus mengubah permision dari semua file wordpress menjadi 777. Caranya select file yang akan diubah, kemudian pilih menu Change Permission. Gunakan select all agar lebih cepat.
* Jika sudah, maka anda bisa langsung menginstallnya. Caranya buka situs anda, ikuti langkah-langkah instalasinya. Jika masih menemui error, biasanya berhubungan dengan masalah permision file. Jangan cepat menyerah dengan permision yang gagal, mencoba dan terus mencoba sambil belajar adalah hal yang terbaik.

Begitulah cara menginstall wordpress pada 000webhost.com, untuk pertama kali memang dirasa cukup melelahkan, tetapi jika di ulangi dan dipelajari, maka 000webhost adalah web hosting alternatif yang baik. Anda bisa menghemat biaya untuk pembelian hosting.




Related Posts











0 comments:

Posting Komentar